kerjakan halaman 195 zona aktivitas

A. Uji pengetahuan 1-5

          1.  Jelaskan perbedaan komunikasi           dalam lingkungan masyarakat               sosial seperti pada rapat atau                 musyawarah dibandingkan dengan     diskusi atau forum di internet.

2.Apa perbedaan utama antara                 komunikasi sinkron dengan                   komunikasi asinkron?

3.Tuliskan dan jelaskan komponen-         komponen penunjang perjalanan.       nya komunikasi secara digital.

4.Jelaskan struktur format penulisan     surel.

5.apakah surel dengan layanan gmail     dapat saling berkirim data dengan       layanan surel yahoo? Jelaskan               alasannya.
                                                             JAWABAN :
 

1.Perbedaan komunikasi rapat atau musyawarah dengan diskusi atau forum di internet adalah wujudnya. Kalau komunikasi rapat atau musyawaray berbentuk nyata, kalau diskusi forum berbentuk maya.



2. * Komunikasi Sinkron adalah komunikasi yang membutuhkan komputer, handphone, atau laptop serta koneksi ke internet. Hanya saja dalam komunikasi Sinkron, kedua belah pihak yang melakukan komunikasi sama-sama online. 

   * Komunikasi Asinkron adalah komunikasi yang membutuhkan komputer, handphone, atau laptop serta koneksi ke internet akan tetapi dalam komunikasi asinkron, kedua belah pihak yang melakukan komunikasi tidak sedang dalam keadaan online.



3.

1. Komunikator /Sumber/Pengirim Pesan (Communicator/Source/Sender)

Dalam proses komunikasi, yang menjadi sumber komunikasi adalah sender atau pengirim pesan. 

2. Pesan (Message)                             Yang dimaksud dengan pesan adalah informasi yang akan kita kirimkan kepada komunikate/penerima pesan/khalayak sasaran. 

3. Encoding                                Encoding adalah proses mengambil pesan dan mengirim pesan ke dalam sebuah bentuk yang dapat dibagi dengan pihak lain.

4.Media atau Saluran Komunikasi (Channel)                                             Media atau saluran komunikasi adalah media atau berbagai media yang kita gunakan untuk mengirimkan pesan. 

5.Decoding                                  Decoding terjadi ketika komunikate/penerima pesan/khalayak sasaran menerima pesan yang telah dikirimkan.



4. 1.Gunakan alamat surel profesional.Idealnya, alamat surel adalah variasi nama asli Anda, bukan nama pengguna, atau nama panggilan. Gunakan tanda titik, tanda sambung, atau tanda garis bawah, tanpa angka atau huruf lainnya.

2.Gunakan fon profesional. Sebagian besar layanan surel saat ini memungkinkan Anda menulis dengan beragam fon dan teks. Namun, untuk surel resmi, sebaiknya tetap gunakan fon resmi seperti Times New Roman dan Arial. 

3.Berikan judul (subject) surel dengan singkat dan tepat. Gunakan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan isi surel dalam judulnya. Hal ini akan membantu mencegah pihak penerima mengabaikan surel Anda. Surel yang dikirimkan tanpa judul atau menggunakan judul yang tidak jelas akan tampak tidak penting bagi penerimanya. 


5.Bisa, gmail ke yahoo bisa. Caranya sama seperti mengirim data dari gmail ke gmail lain. Caranya yaitu

• Klik "kepada" di kolom, disitu ada popup yaitu Bcc atau Cc, terserah saja mau pilih mana, walaupun fungsinya berbeda, jika ingin menyembunyikan penerima utama dari penerima lain, dapat menggunakan Bcc dan sebaliknya

Komentar